Review Design Sistem Mitra 1.0


Mitra 1.0, fitur SMS Microblogging

Mitra 1.0, fitur SMS Microblogging

Sistem ini dirancang untuk menjembatani aliran informasi yang berasal dari masyarakat akar rumput untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) terutama untuk pemantauan perubahan iklim di pulau Kalimantan. Sistem ini mempertimbangkan pemanfaatan teknologi sesederhana mungkin supaya semua masyarakat/pengguna dari berbagai macam latar belakang bisa terlibat dalam pengelolaan informasi. Karena sistem ini mengutamakan unsur keteraksesan dan ketersampaian informasi tepat sasaran.

Ada beberapa entitas eksternal yang terhubung dalam sistem ini, diantaranya adalah masyarakat, organisasi masyarakat lokal, pemerintah dan industri. Beberapa entitas ini bisa secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam pengelolaan informasi atau penyampaian informasi yang dijembatani oleh sistem ini. Sistem yang kemudian dinamai Mitra 1.0 ini, menyajikan paket-paket informasi dari masyarakat yang dikirimkan melalui pesan pendek/SMS (short message service) maupun tulisan dalam format berita. Semua informasi yang masuk bisa disajikan dalam daftar stream SMS atau berita yang dikemas dalam tampilan website http://borneoclimate.info. Informasi tersebut kemudian bisa dikelola dan atau diteruskan kepada entitas eksternal sistem yang berhak atau harus mengetahui informasi tersebut untuk keperluan menindak lanjuti isi informasi tersebut.

Mitra 1.0 dibangun dengan teknologi web 2.0 yang mengutamakan interaksi pengguna dalam pertukaran informasi. Teknologi Web 2.0 mulai dikembangkan sekitar tahun 2004. Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari Hyper Text Markup Languge (HTML), Cascading Stylesheet (CSS), JavaScript, Extensible Markup Language(XML), dan Asyncronous Asynchronous JavaScript and XMLHTTP (AJAX). HTML selalu disandingkan dengan CSS untuk mempercantik tampilan web. JavaScript membuat tampilan yang dinamis. XML digunakan untuk mendefinisikan format data. AJAX adalah penggabungan dari JavaScript dan XML yang menekankan pada pengelolaan konten.

Mitra 1.0 dikembangkan dari aplikasi Kalkun 0.3 yang dibangun dari Framework Codeigniter. Kalkun merupakan aplikasi open source untuk pengelolaan SMS berbasis web. Sedangkan Codeigniter merupakan salah satu lingkungan pemrograman PHP yang cukup dikenal oleh pengembang sistem berbasis web. Karena aplikasi Kalkun belum mencukupi untuk kebutuhan sistem yang dirancang, maka banyak terjadi perombakan dan penambahan fitur untuk melengkapi kebutuhan sistem Mitra 1.0. Beberapa penambahan fitur diantaranya, SMS microblogging, penulisan berita, penyajian interaksi pertukaran informasi berbasis geospasial, pengaturan pengguna dengan berbagai level dan hak aksesnya.

Aliran informasi dalam sistem Mitra 1.0 dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Warga disarankan mendaftarkan nomor ponselnya ke sistem dengan cara mengirimkan SMS dengan format “DAFTAR [spasi] #NamaLengkap#Desa#Kecamatan#Kabupaten”
  2. Organisasi masyarakat lokal, selanjutnya disebut author/admin yang mengorganisir masyarakat tersebut mendaftarkan nomor warga berikut lokasi desa tempat tinggalnya.
  3. Warga masyarakat mengirimkan pesan dengan format SMS “BC [spasi] ISI PESAN” ke nomor SMS server, yaitu +628562870008
  4. Author/admin bisa menanggapi setiap pesan yang masuk dengan membalas pesan kepada warga atau meneruskan informasi tersebut kepada pemerintah atau perusahaan/industri jika diperlukan. Organisasi masyarakat lokal bisa menggunakan data laporan warga untuk advokasi dan analisis peristiwa.
  5. Author/admin serta warga masyarakat yang terdaftar sebagai pengguna di sistem Mitra 1.0 bisa menuliskan berita atau artikel kemudian mempublikasikannya.
  6. Semua SMS yang masuk dan keluar disajikan di website http://borneoclimate.info. SMS keluar atau dikenal dengan SMS broadcast disajikan pada kolom “Tahukah Anda?”, sedangkan pesan masuk dan percakapan SMS disajikan dalam kolom “Pendapat Warga”.
  7. Percakapan SMS dan statistik pesan juga disajikan dalam bentuk geospasial (peta) yang dikemas berdasarkan lokasi desa warga. Dalam peta tersebut disajikan overlay peta moratorium, peta wilayah desa, dan percakapan SMS.
  8. Selain melalui media SMS, warga juga didorong untuk memanfaatkan fasilitas jejaring sosial untuk saling bertukar informasi dan pengarusutamaan informasi tentang perubahan iklim, misalnya melalui twitter dan facebook.
Mitra 1.0, Peta SMS

Mitra 1.0, Peta SMS

Sistem ini akan terus dikembangkan untuk mendorong keterbukaan informasi dan pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: