Makhluk Cantik dan Gesit itu Bernama Yii


Aku pertama kenalan sama PHP Framework dulu pas jaman purba namanya Prado. Kemudian seiring aku tumbuh dewasa (#uhuk sok imut) kenalan juga sama Code Igniter (CI). CI sampai sekarang cukup dikenal dan banyak sekali dipakai oleh pengembang teknologi berbasis web. Tetapi pada waktu aku sudah setua ini keajaiban terjadi. Aku dipertemukan dengan mahluk yang cantik bertangan banyak, berbaju bagus variatif, supel, ramah terhadap developer seperti saya (#ihik GR), tidak ambil pusing dengan pikiran yang bejibun, punya bakat satpam, hemat, pintar berpuisi, siapa aja boleh ajak kencan (#ihiiiiirrrr) wah.. pokoknya masih banyak lagi yang baik-baik kalo nyeritain makhluk yang cantik dan gesit ini.

Haha.. kayak orang yang lagi jatuh cinta, selalu menyebut keindahan makhluk yang dicintainya.  Tapi usut punya usut, apa sih sebenarnya mahkluk yang dibilang cantik dan gesit ini. Baik, aku kasih tau deh teman cantikku yang bernama Yii. Yii bukan seorang wanita bahkan pria. Dia adalah salah satu PHP Framework yang canggih, dia menjadi idola baru bagi para juru ketik kode seperti saya. Dia mengalahkan framework-framework pendahulunya karena dia lebih cantik, gesit dan responsif.

Aku disini tidak akan terlalu membanding-bandingkan kecantikan satu sama lain, takut ada yang cemburu. Aku akan paparkan beberapa hal yang membuat dia terlihat cantik;

  1. Arsitektur MVC

  2. Database Access Objects (DAO), Query Builder, Active Record, DB Migration

    Yii memungkinkan pengembang untuk mengelola sumberdaya basis data dalam objek dan menghindari kebosanan dan kompleksitas menulis pernyataan SQL berulang (jadi gak usah pusing-pusing nulis SQL, apalagi dengan banyak relasi, bisa puluhan baris kode SQL deh), kalo pake Yii tinggal berpikir object.

  3. Form input and Validation

    Yii mengumpulkan form input dengan sangat mudah dan aman. Dilengkapi dengan satu set validator serta banyak fungsi pembantu dan widget untuk menyederhanakan tugas bentuk masukan dan validasi.

  4. AJAX-enabled widgets

    Terintegrasi dengan jQuery, Yii dilengkapi dengan satu set widget yang mendukung AJAX, seperti input autocomplete, treeview, datagrid, yang memungkinkan impelementasi antarmuka pengguna dengan efisien dan serbaguna.

  5. Otentikasi dan Otorisasi

    Yii memiliki dukungan otentikasi bawaan dan mendukung otorisasi hirarkis berbasis peran kontrol akses/role-based access control(RBAC).

  6. Skinning and Theming

  7. Web Services

    Yii mendukung generasi otomatis layanan spesifikasi kompleks Web Service Definition Language(WSDL) dan manajemen penanganan permintaan layanan web.

  8. Internasionalisasi (I18N) and Pelokalan (L10N)

    Yii mendukung terjemahan pesan, tanggal dan format waktu, format angka, dan pelokalan antarmuka.

  9. Skema Tembolok berlayer

    Yii mendukung caching data, tembolok halaman, tembolok fragmen dan konten dinamis. Media penyimpanan caching dapat diubah dengan mudah tanpa menyentuh kode aplikasi.

  10. Error handling and logging

  11. Security

    Yii dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan untuk membantu mencegah aplikasi web dari serangan, seperti SQL injection, cross-site scripting (XSS), cross-site request forgery (CSRF), dan gangguan cookie.

  12. Unit and functionality testing

    Yii menyediakan dukungan untuk menulis dan menjalankan unit test serta fungsi pengujian, berdasarkan PHPUnit dan Selenium.

  13. Automatic code generation

    Yii menyediakan satu set alat kode intuitif dan pembangkitan sangat extensible yang dapat membantu cepat menghasilkan kode yang dibutuhkan untuk fitur seperti form input, Create Read Update Delete (CRUD).

  14. Murni Berorientasi Objek (OOP)

  15. Ramah dengan kode pihak ketiga

  16. Dokumentasi yang rinci

  17. Extension Library

    Yii menyediakan sebuah perpustakaan ekstensi yang terdiri dari kontribusi pengembang komponen. Hal ini membuat daftar fitur di atas tidak pernah berakhir.

Yii adalah gagasan pendirinya, Qiang Xue, yang memulai proyek Yii pada 1 Januari 2008. Qiang sebelumnya dikembangkan dan dipelihara kerangka Prado (#hahah ternyata aku lebih dulu kenal sama adiknya yang juga cantik). Tahun-tahun pengalaman yang diperoleh dan pengembang umpan balik yang dikumpulkan dari proyek yang dipadatkan perlunya kerangka sangat cepat, aman dan profesional yang dibuat khusus untuk memenuhi harapan pengembangan aplikasi Web 2.0. Pada 3 Desember 2008, setelah pembangunan hampir satu tahun, Yii 1.0 secara resmi dirilis ke publik.

Yii menggabungkan banyak ide dan bekerja dari terkenal lainnya kerangka kerja pemrograman Web dan aplikasi. Di bawah ini adalah daftar singkat dari inspirasi/referensi Yii :

  1. Prado : sebagai sumber utama ide-ide untuk Yii. Yii mengadopsi yang paradigma pemrogramannya berbasis komponen dan kendali-event, lapisan abstraksi database, arsitektur aplikasi modular, internasionalisasi dan lokalisasi, dan banyak fitur dan pola lainnya.

  2. Ruby on Rails : Yii mewarisi semangat dari konvensi di atas konfigurasi. Implementasi Yii juga direferensikan dari pola desain rekaman aktif untuk lapisan Object Relational Mapping(ORM).

  3. Jquery : terintegrasi dalam Yii sebagai kerangka dasar JavaScript.

  4. Symfony : Yii direferensikan desain filter dan arsitektur plug-in.

  5. Joomla : Desain modular dan skema pesan terjemahan Yii direferensikan

Yii Framework

Logo Yii Framework

Baik, deskripsi kecantikan Yii sudah aku ceritakan. Sekarang giliran kamu yang baca artikel ini mencoba kencan dengan Yii yang cantik dan gesit. Kamu bisa kenalan dulu dengan membuka yiiframework[dot]com. Sekali kamu kencan dengan Yii, bisa aku pastikan kamu langsung jatuh cinta ketika melihat onderdil daleman Yii. Oke masbero selamat mencoba, semoga bermanfaat.


2 responses to “Makhluk Cantik dan Gesit itu Bernama Yii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: